Variable, Konstanta, Tipe data dan Operator

Kamis, 10 Januari 2013

Variabel merupakan tempat untuk menyimpan nilai sementara dari suatu perhitungan. Untuk mendlekarasi sebuah variabel digunakan pernyataan :
Melalui As dapat mendefinisikan sendiri tipe data atau tipe objek dari variabel yang di deklarasikan. Tipe data ini misalnya integer, string atau variant.

Variable untuk sebuah prosedur hanya boleh digunakan pada produser di tempat mereka dideklarasikan, dan biasanya digunakan dalam perhitungan yang menggunakan temporary.

Konstanta
Kosntanta merupakan variabel yang nilai didalamnya selalu tetap. Konstanta diperlukan jika dibutuhkan sebuah nilai tetap yang harus muncul di banyak bagian dari rutin. Kemungkinan lain pengguna konstanta adalah untuk mengingat angka yang sulit.
Tipe Data

Tipe data Variant yang akan menyajikan semua jenis data yang didefenisikan pada visual basic. jika sebuah variable dideklarasikan tanpa perintah As, maka standart dari tipe data yang digunakan adalah variant.
Tipe data Numeric menyimpan data berupa data angka, tipe data string menyimpan rangkaian karakter, tipe data boolean menyimpan data berupa benar/salah, tipe data Date menyimpan data berupa tanggal dan waktu, dan tipe data objek meyinpan data berupa objek. Pendeklarasiannya harus menggunakan perintah Private, Public, Dim atau Static.

Keyword                           Digunakan pada
Public                                Berlaku pada level modul
Private                               Berlaku pada level modul
Dim                                   Berlaku pada level modul dan level procedure
Static                                 Berlaku pada level procedure

Syntax :

<keyword> NamaVariabel [As TypeVariable]

Array

Array merupakan salah satu fasilitas agar dapat menyimpan data berurutan dalam sebuah nama variabel. Dalam array data tersimpan dengan menggunakan indeks untuk memudahkan pencarian kembali data tersebut.
Arraymempunyai batas atas dan batas bawah, dimana data akan tersimpan di antara kedua batas tersebut. Semua elemen data yang sama. Semua elemen data yang tersimpan dalam sebuah variable array mempunyai tipe data yang sama. Semua tipe data dapat dideklarasikan bagi variabel array.


Operator Pada Visual Basic dan Urutan Operasinya

Visual basic menyediakan operator aritmatika, komparasi dan logika, salah satu hal yang harus dipahami oleh programmer adalah tata urutan operasi dari masing-masing operator tersebut sehingga mampu membuat ekspresi yang akan menghasilkan nilai yang benar, Tabel 1-2, menunjukan operator dan urutan operasinya dari atas kebawah.

Contoh :

A = 1 + 2 * 3                      'Akan menghasilkan 7
B  =  (1 + 2)  *  3                'Akan menghasilkan 9

Aritmatika                          Komparasi                                 Logika
Pangkat (^)                        Sama (=)                                    Not
Negatif (-)                         Tidak sama (<>)                         And
Kali dan Bagi (*, /)           Kurang dari (<)                          Or
Pembagian bulat (\)           Lebih dari (>)                             Xor
Sisa Bagi (Mod)                Kurang dari atau sama (<=)       Eqv
Tambah dan Kurang (+,-) Lebih dari atau sama (>=)          Imp

Pengabungan String (&) Like 


0 komentar:

Posting Komentar